Penyelenggaraan Diklat Kepemimpinan Tingkat II

Jumat , 28 Juli 2017

Penyelenggaraan Diklat Kepemimpinan Tingkat II:

“Sukses adalah perjalanan, bukan semata tujuan”

 

Tiada kata menyerah”, sepertinya pantas disandangkan untuk hasil kerja para Pejabat dan Staf di lingkungan Balai Besar Pelatihan Kesehatan (BBPK) Jakarta. Mengapa? Perjalanan panjang dengan berbagai rintangan dan halangan serta perlunya kreatifitas dan inovasi yang harus terus diterjang untuk bisa menyelenggarakan Diklat Kepemimpinan Tingkat II, suatu Diklat ‘prestigious’.

Pengembangan kediklatan selalu dilakukan untuk menjawab tantangan globalisasi dan tuntutan program sebagai hasil pengejawantahan kebijakan. Penyelenggaraan Diklat Kepemimpinan yang selama ini diselenggarakan di BBPK Jakarta sebatas Diklatpim Tingkat III dan IV, ketika masih menggunakan pola lama hingga sudah beberapa angkatan dilahirkan sejak digulirkan pola baru. Keinginan berinovasi terus berkembang, seiring dengan peluang dalam menyelenggarakan Diklatpim Tingkat II terbuka. Peluang ini diambil, yang tentu saja banyak persyaratan harus dipenuhi guna terlaksananya penyelenggaraan Diklatpim Tingkat II sesuai ketentuan Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI.

Hingga awal 2017, jejaring kerja, koordinasi dan kolaborasi diwujudkan, tim efektif dibangun, baik dengan Badan PPSDM Kesehatan Kemenkes, Biro Kepegawaian Kemenkes, dan LAN RI tentunya. Jalan panjang secara konsisten dilakukan secara terencana, melalui pemenuhan akreditasi pelatihan Diklatpim oleh LAN RI (yang akhirnya bisa memberikan keyakinan kepada Pimpinan LAN RI terhadap kemampuan BBPK Jakarta untuk menyelenggarakannya), rapat-rapat internal dan eksternal, menyiapkan para Widyaiswara dan Penyelenggara melalui penyelenggaraan Mini Workshop dan Inhouse Training, audiensi Kepala Badan PPSDM Kesehatan kepada Kepala LAN RI, Benchmarking ke Badan PSDM Provinsi Jawa Tengah, Magang ke LAN RI dan Badan PSDM Provinsi Jawa Barat.

 

 

Penyelenggaraan Diklatpim Tingkat II di BBPK Jakarta diselenggarakan pada tanggal 27 Juli s.d. 18 November 2017, dengan pola on dan off campuss. Peserta sebanyak satu angkatan terdiri dari dua kelas, masing-masing kelas sebanyak 30 orang. Penyelenggaraan perdana berarti harus diampu oleh LAN RI, baik penyelenggaraan dan Fasilitatornya. Komitmen kesiapan BBPK Jakarta membawa kelancaran penyelenggaraan Diklatpim Tingkat II, yang saat ini (11 September-11 November 2017) Peserta Diklat yang notabene adalah Pejabat Struktural Eselon II sedang memasuki tahap Laboratorium Kepemimpinan, off campus, guna mengimplementasikan Rancangan Proyek Perubahan yang telah diseminarkan di hadapan Penguji/Narasumber LAN RI dan Mentor. Selamat dan Sukses untuk Seminar Laboratorium Kepemimpinan di pertengahan November 2017 nanti, dimana Peserta diminta pertanggungjawabannya sebagai Pemimpin Perubahan. (Margaretha Yuliani, SKM, MM / Widyaiswara Ahli Madya BBPK Jakarta)

Share :