Tentang BBPK


Balai Besar Pelatihan Kesehatan (BBPK) Jakarta merupakan unit pelaksana teknis Badan Pengembangan dan Pemberdayaan SDM Kesehatan dengan tugas melaksanakan pendidikan dan  pelatihan serta pengembangan SDM Kesehatan dan masyarakat. BBPK Jakarta menyelenggarakan pelatihan bagi jabatan Pegawai Negeri Sipil sesuai PP Nomor 101 Tahun 2000, yaitu Diklat Prajabatan dan Diklat dalam jabatan. Diklat Prajabatan atau Pelatihan Dasar CPNS Golongan I&II,III. Diklat dalam jabatan terdiri dari Diklat Kepemimpinan Tingkat II,III & IV, Diklat Fungsional dan Diklat Teknis.

Selain itu, dalam rangka pengembangan metode pelatihan, BBPK Jakarta sudah mengembangkan beberapa inovasi diklat untuk membantu mempermudah dan mempercepat pelayanan kediklatan kepada peserta maupun pengguna BBPK Jakarta. Beberapa inovasi yang dilakukan yaitu registrasi online bagi peserta pelatihan, e-test, pemesanan tempat melalui website, e-learning pelatihan, e-library melalui aplikasi i-jakarta, apel pagi, sholat berjamaah, dan pelayanan responsif gender.

Didalam lampiran Permenkes Nomor 2361 Tahun 2011, disebutkan [elayanan unggulan dan wilayah kemitraan. Pelayanan unggulan BBP Jakarta adalah Pendidikan dan Pelatihan Pelayanan Kesehatan Perkotaan. Kegiatan yang sudah dilakukan antara lain seminar kesehatan perkotaan dengan narasumber dari Unika Atmajaya, Prof. Charles, Dr. Trihono, dan Kementerian Kesehatan, penyusunan kurikulum dan modul pelatihan dan pelaksanaan pelatihan.

Disamping itu, berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 1021/Menkes/SK/V/2011 tentang Sentra Pelathan gender Bidang Kesehatan di Balai Besar Pelatihan Kesehatan Jakarta, mempunyai tugas melaksanakan perencanaan pelatihan, pengembangan metode dan teknologi, advokasi, sosialisasi, dan evaluasipelatihan berbass gender bagi SDM Kesehatan dan masyarakat. Berdasarkan tugas-tugas diatas, maka BBPK Jakarta melakukan upaya-upaya terkait peningkatan pemahaman, sikap dan keterampilan baik petugas kesehatan maupun masyarakat tentang PUG-BK. Dalam pengembangan kemitraan BBPK Jakarta program utamanya adalah meningkatkan kerjasama dan sinergi untuk mengimplementasikan penerapan pelayanan kesehatan yang responsif gender di institusi-institusi kesehatan di Provinsi DKI Jakarta(Puskesmas kec. Cilandak), Kalimantan selatan (Puskesmas Martapura), Kalimantan Timur (Puskesmas Wonorejo), Kalimantan Tenga (Puskesmas Menteng), dan Kalimantan Barat.

Jenis program yang dikembangkan dalam penerapan pelayanan kesehatan yang responsif gender ini adalah meningkatkan peran bapelkes daerah untuk melakukan pelatihan-pelatihan gender, mengembangkan model pelayanan kesehatan yang responsif gender di puskesmas dan juga akan berperan dsebagai laboratorium lapangan gender. untuk meningkatkan kompetensi dan kapasitas institusi-institusi di Dinkes, Bapelkes dan Puskesmas sudah dilakukan sosialisasi dan monitoring dan evaluasi penerapan pelayanan kesehatan yang responsif gender. Namun, masih diperlukan pendampingan ke institusi-institusi tersebut agar mampu menyusun dokumen seperti alur proses pelayanan, SOP dan atribut yang menunjukkan pelayanan yang responsif gender karena pemahaman dan keterampilan tentang hal tersebut masih memerlukan bimbingan dan pendampingan.

Disamping itu, sejalan dengan Program Kementerian Kesehatan, Yaitu Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK). BBPK Jakarta sudah mengembangkan laboratorium lapangan untuk Pelatihan Keluarga Sehat di Provinsi Kalimantan Barat (UPTD Puskesmas Kec. Siantan Hilir), Kalimantan Timur (Puskesmas Kutai Kartanegara, Mangar, dan Wonorejo), Jawa Timur (Puskesmas Kec, Dau, Kota Malang), Nusa Tenggara Barat ( Puskesmas Linsar dan Narmada), Bali( Puskesmas Denpasar IV), dan DKI Jakarta (Puskesmas Kel.Pondok Labu)

Dalam rangka pembangunan zona integritas melalui Wilayah Bebas dari Korupsi dan wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani, BBPK Jakarta mendapatkan penghargaan dari Kementerian PAN & RBatas prestasi sebagai unit kerja pelayanan berpredikat Wilayah bebas Dari Korupsi (WBK) pada tanggal 27 Desember 2017.

Dalam pelaksanaan dan pertanggungjawaban APBN Tahun Anggaran 2017, BBPK Jakarta mendapat penghargaan sebagai "Satker Terbaik I" untuk kategori Pagu Sedang, dari Kantor Pelayanan dan Perbdaharaan Negara (KPPN) Jakarta VII.